Menyerah Berarti Kalah

68Menyerah berarti kalahDalam hidup seringkali kita berhadapan dengan berbagai macam hambatan, rintangan dan kesulitan. Hambatan dalam berbisnis, rintangan memperoleh izin calon mertua atau barangkali kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Kadangkala, segala macam ujian dan batu sandungan itu datangnya bertubi-tubi. Sudahlah bangkrut, kehilangan kepercayaan dari mertua, misalnya. Atau belum dapat pekerjaan baru setelah di-PHK sementara tabungan sudah menipis.

Manusia dalam fitrahnya punya keterbatasan dan kelemahan. Datangnya ujian dan cobaan seringkali dimaknai sebagai hukuman. Ego kadangkala menuntun kita pada ketidaksabaran dalam menghadapinya. Kita akan merasa marah ketika kita tidak menemukan jalan keluar, putus asa karena solusi yang ditawarkan tak membuahkan hasil, lalu menyerah. Kalah.

Kalau sudah begini tidak ada lain yang dihadapi kecuali keterpurukan. Semua yang terlihat akan nampak gelap. Semua nasihat akan dirasa tak berguna. Padahal, percayalah, kesulitan tidak akan datang melebihi kemampuan yang kita miliki.

Karena itu, jangan menyerah!
– Ikhlaslah
Ikhlas akan membawa ketenangan dan kekuatan jiwa. Jangan menyerah, karena setiap yang Anda lakukan akan membuahkan hasil, termasuk ikhlas. Balasan yang akan Anda dapatkan dari ikhlas jauh lebih besar daripada kesulitan yang Anda hadapi.

– Bertawakal
Menyerahkan segala sesuatu urusan hanya kepada Allah dengan tetap berikhtiar. Jangan menyerah dan bertindaklah, cari dan carilah solusi, lalu yakinlah akan hasil terbaik yang akan Anda peroleh, dari Allah.

– Bersabar
Sabar bukan berarti diam tak melakukan apa-apa. Sabar yaitu tetap berusaha, tetaplah lakukan apa yang harus Anda lakukan. Jangan menyerah, kesabaran Anda akan menimbulkan dampak kekuatan yang luar biasa hingga Anda mampu menyelesaikan masalah Anda.

– Kembangkan diri, gali potensi
Jika Anda merasa lemah, mungkin karena Anda belum menemukan apa yang menjadi potensi Anda. Jangan menyerah, kenali apa yang menjadi kekuatan diri Anda, hingga solusi pun Anda dapatkan dan masalah Anda teratasi.

Maka, seperti lagu d’Masive, apapun kesulitan yang merintangi jalan Anda, Jangan Menyerah.

Komentar